Rabu, 18 Juni 2008

Tentukan Pilihan Caleg Dari Sekarang

TANJUNGPINANG (BP) - Warga dingatkan jangan salah menetapkan calon wakil rakyat jelang Pemilu 2009. Kecenderungan salah pilih calon bisa terjadi melihat jumlah parpol capai 40-an. Artinya, ratusan calon wakil rakyat akan menghiasi bursa pencalonan dalam satu wilayah kabupaten/kota se-Kepri.
''Tanjungpinang dibagi 3 daerah pemilihan (dapil). Jika tiap parpol menawarkan 10 calon di satu dapil, akan hadir sekitar 400 calon wakil rakyat. Kita harap, warga jangan salah menetapkan calon. Lihat calon yang benar-benat punya misi pengembangan daerah. Jangan tergiur dengan penampilan sesaat karena akan berimbas 5 tahun kedepan,'' ujar Tokoh Masyarakat Kepri, H Majid Asis, kemarin.
Sudah rahasia umum, lanjutnya jelang pemilu masing-masing calon bakal maju akan memainkan peran maksimal melakukan pendekatan terhadap lapisan masyarakat. Jika calon banyak uang katanya tak segan-segan merogoh kocek mereka, untuk membeli keperluan yang diharapkan konstituen.
Di balik kerelaan calon, lapisan masyarakat harus pula melihat sepak terjang yang bersangkutan di tengah lapisan masyarakat selama ini. Jika ia dikenal telah berperan buat kepentingan umum, Majid mengharapkan masukkan namanya dalam nominasi pilihan wakil rakyat. Jika yang bersangkutan selama ini tak dikenal, lapisan harus waspada. Bisa saja, upaya yang dilakukan, hanya untuk kepentingan sesaat.
''Ambil saja uangnya tapi jangan lihat orangnya,''ujar Majid Asis.
Harapan Majid lain tertuju penetapan calon pemilih. Sudah saatnya Dinas Kependudukan memberikan gambaran data pemilih terbru. Jangan sampai, saat pemilu yang penyelenggaraannya sekitar 1 tahun lagi, masih menggunakan data lama. ''Akhirnya, banyak warga pemilih mengaku tak bisa menggunakan hak pilih karena tak tercatat sebagai pesert pemilih,''pungkasnya. (zek)

Tidak ada komentar: